Kupas Tuntas Catatan Kredit

Pada akhir tahun 2017, saya menganggur. Disaat itu otak tidak dipekerjakan, dan tiba tiba terlintas dipikiran tuk mencoba membuat aplikasi android. Agar otak ini ada kegiatan selain bersepeda, berjalan kaki, senam minggu di alun alun dan memberi makan ikan di kolam alam RW.

Kemudian terpikirkan untuk membuat aplikasi Kredit bagi istri, teman dan kakak ipar di kampung. Setelah memeriksa playstore, hanya nampak satu aplikasi Kredit buatan India. Dan saya saat itu ingin membuat semacam itu.

Mulailah pencarian ilmu di internet, terutama dari google. Akhirnya ditemukan contoh aplikasi Friendlyeats di https://firebaseopensource.com/projects/firebase/friendlyeats-android/

Download dan install, kemudian ikuti petunjuk hingga aplikasi berjalan sempurna. Karena saya lihat daftar  restaurant bisa sebagai daftar kustomer kredit dan rating bisa saya jadikan transaksi. Suatu aplikasi sederhana dan menggunakan satu layar saja tuk menampilkan data kustomer.

1. Aplikasi harus dapat koneksi ke Firestore, saat itu saya ikuti petunjuk di google dan android studio. Link nya ini https://firebase.google.com/codelabs/firestore-android#0

2. Setelah bisa konek, aplikasi bisa isi data. Dan kemudian melihat lihat cara kerjanya. Kemudian saya perhatikan sistem login

3. Sistem login bisa beragam, dari semua sistem login itu akhirnya saya tentukan tuk gunakan Google Login. Karena pasti hape akan otomatis, dan takkan pernah lupa. Bila lupa maka bisa di reset, walau kemungkinan gagal pun ada. Yaitu user tidak menerapkan sistem dua step verifikasi dan hape rusak/hilang. Begitu banyak teknik Google Login, dan setelah menelusuri dan mempelajari dan mempraktekan ini

https://developers.google.com/identity/sign-in/android/start-integrating

dan bertanya ke google dan selalu memilih hasil dari https://stackoverflow.com/

kemudian barulah blog blog pelajaran lainnya yang muncul di pencarian google.

Dibawah ini google sign in saya

private void startSignIn() {
Intent signInIntent = mGoogleSignInClient.getSignInIntent();
startActivityForResult(signInIntent, RC_SIGN_IN);
mViewModel.setIsSigningIn(true);
}

@Override
public void onActivityResult(int requestCode, int resultCode, Intent data) {
super.onActivityResult(requestCode, resultCode, data);
// Result returned from launching the Intent from GoogleSignInApi.getSignInIntent(...);
if (requestCode == RC_SIGN_IN) {
Task<GoogleSignInAccount> task = GoogleSignIn.getSignedInAccountFromIntent(data);
try {
// Google Sign In was successful, authenticate with Firebase
GoogleSignInAccount account = task.getResult(ApiException.class);
assert account != null;
firebaseAuthWithGoogle(account);
} catch (ApiException ignored) {
}
}
}

// [START auth_with_google]
private void firebaseAuthWithGoogle(GoogleSignInAccount acct) {
AuthCredential credential = GoogleAuthProvider.getCredential(acct.getIdToken(), null);

mAuth.signInWithCredential(credential)
.addOnCompleteListener(this, task -> {
if (task.isSuccessful()) {
// Sign in success, update UI with the signed-in user's information
FirebaseUser userFb = mAuth.getCurrentUser();
if (userFb != null) {
mUserFb = userFb.getUid();
Toast.makeText(getApplicationContext(), "Sign In sukses ...",
Toast.LENGTH_LONG).show();
onClearFilterClicked();
}
} else {
// If sign in fails, display a message to the user.
Toast.makeText(getApplicationContext(), "Gagal Sign In ...",
Toast.LENGTH_SHORT).show();
}
});
}

Simple yaa, tapi perjuangannya lumayan berhari hari. Bolak balik tes dan lihat di console Firestore, apakah berhasil masuk kemudian dihapuskan daftar Firestore login, agar saya bisa tes login kembali. Begitu lama, begitu susah, begitu gigih dan otak pun panas. Horee akhirnya login sempurna dengan code yang simple.

Demikian sebagian kupas tuntas Catatan Kredit, akan disambung kembali dengan hal hal lainnya didalam pembuatan dan mungkin akan lompat lompat. Dibawah akan saya letakkan link ke kupas tuntas berikutnya.

Hanya saya sedihnya adalah masih ada yang memberi bintang satu dua dan tiga, padahal tanpa iklan dan hanya satu satunya aplikasi android saya. Bintang 5 penting tuk kawan kawan kreditur lainnya bisa melihat potensi aplikasi ini tuk membantu bisnisnya. Bintang satu dua dan tiga tidak untuk saya, tetapi bintang lima tuk sesama rekan yang terjun dalam bisnis yang sama. Berikanlah yang terbaik tuk rekan bisnis dan kustomer anda, maka bisnis ini akan semakin berkembang. Akan semakin banyak kustomer dan semakin banyak rekan bisnis maka akan semakin berkembang suatu bisnis.

Aplikasi ini bukan untuk saya, karena saya hanya gunakan tuk mengasah otak dikala menganggur. Dan saat ini juga saat menunggu pekerjaan baru sehingga bisa update dan menulis blog ini. Demikian sedikit curhat.

Terimakasih dah membaca.

Lanjutan kupas tuntas Catatan Kredit

Komentar