Catatan Kredit

v51.0

Email: budilaks@gmail.com 

Seiring penggunaan hape dengan data yang semakin meluas, maka saya membuat aplikasi berbasis Android.
Aplikasi ini ditujukan untuk pengguna yang melakukan usaha kredit barang, pinjaman mandor ke tukang, warung dll.

Latar belakang :
Belum adanya aplikasi penunjang usaha kredit barang, dan sebagai pelajaran pertama saya dalam membuat aplikasi berbasis Android, maka saya meluncurkan aplikasi pertama saya ini. Yang akan diikuti oleh aplikasi aplikasi berikutnya yang lain dan tentu saja Free atau Gratis dan dapat diunduh dari Playstore.
Usaha kredit barang memerlukan buku catatan kredit, dan tentu nya hanya satu satu nya buku, kecuali sempat disalin ke buku cadangan. Ditakutkan bila buku hilang atau rusak.
Dengan adanya aplikasi ini, maka pengusaha kredit barang (yang biasanya bekerja sendiri) dapat menggunakan hape tuk transaksi yg terjadi. Juga bisa mengambil gambar tuk lebih baik usahanya.
Aplikasi ini menggunakan Google Storage secara online dan tersimpan dalam akun Google anda.
Bila ganti hape baru, maka data terakhir akan diambil dari Google Storage. 
Biasakan tuk cetak data utama dan transaksi di google Drive anda sbg backup kedua. 
Bila internet mati, transaksi akan tetap tersimpan dalam hape dan akan dikirim ke Google Storage saat online kembali tuk transaksi terakhir.
Aplikasi ini saya dedikasikan kepada teman yg berusaha di bidang kredit barang dan selalu membantu saya selama ini.

Tanggung Jawab :
Kebenaran data dan pengisian serta pemeriksaan adalah tanggung jawab sepenuhnya pengguna, isi diluar tanggung jawab saya sebagai pembuat program ini. Oleh karena itu biasakan cetak data dan periksa. 

Cara Kerja :
Jadi prinsip aplikasi ini menggunakan penyimpanan Google, tentunya dengan paket datanya. Untuk mengurangi pemakaian data, dianjurkan untuk tidak menggunakan foto/gambar. Walaupun sudah sangat saya kecilkan pemakaian foto/gambar menjadi dibawah 200kb atau untuk paket data 1Gb dapat memakai gambar sebanyak 5000 foto. Setiap kali foto baru maka akan memerlukkan 200kb data, sedangkan untuk transaksi sangatlah kecil. Jauh lebih kecil dari chatting dan lain lain untuk pemakaian data.
Setiap kali hape di restart atau di reset factory, maka foto akan hilang dan perlu di donlot otomatis dari Google store kembali. Yang mana satu foto memerlukan paket data 200kb, jadi semakin banyak foto akan semakin lambat utk awal aplikasi setelah restart hape.

Bila tidak ada koneksi internet beberapa jam atau hari, maka masih dapat melakukan pengisian data yang akan tersimpan dalam hape. Foto tidak bisa. Pada saat koneksi kembalinya koneksi internet, maka harap dibuka program ini tuk melakukan pengiriman data secara otomatis, yg belum di selaras kan ke Google store.
Mohon lebih berhati hati saat tidak ada koneksi internet, pastikan transaksi berjalan dan berhitung normal.

Baik saya tunjukkan step pemakaian aplikasi Catatan Kredit ini :
1. Pasang aplikasi Catatan Kredit dari Playstore :
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.blogspot.budilaks.catatankredit

2. Jalankan aplikasi

3. Masuk dengan Google akun

setelah itu ijinkan untuk penggunaan kamera

4. Klik titik tiga dipojok kanan, untuk menambahkan nama

5. Klik nama dan akan muncul layar transaksi utk nama tersebut. Tombol kuning untuk menambah transaksi, dan tombol Drive untuk mencetak transaksi nama ini ke Drive google anda.

6. Klik foto tuk menambahkan foto atau merubah nama/alamat/telepon, perubahan ini tidak akan menghilangkan transaksi yang sudah terekam/tersimpan.

7. Bila ingin menghapus nama, sentuh dan tahan lama (long click) pada data yg hendak dihapus. Penghapusan hanya berlaku bila total nilai transaksi adalah Nol.

8. Hapus transaksi yang salah dengan menekan lama nominal yg salah.
Kredit ....: artinya penjualan barang
Bayar. ....: artinya pembayaran cicilan kredit.
Berita bila diperlukan dapat diisikan, maksimal 90 karakter atau 3 baris.

9. Untuk mencari nama, nilai transaksi, data menurut tanggal masukan, dll dapat menggunakan menu Urutkan


10. Telah dibuat CETAK DATA pada aplikasi ini yang dapat digunakan oleh Android 10 atau 11 juga. Gunakan penyimpanan Google Drive anda, karena akan lebih mudah dan aman, serta bisa dilakukan pemeriksaan sebelum dikirimkan ke email/sosmed. Bila telah tersimpan, buka Drive dan buka data terakhir yang anda simpan, lakukan perubahan lebar kolom dll, kemudian klik ubah ke PDF tuk di share ke email/sosmed. Sehingga data yang dikirimkan sudah anda periksa dan mudah dibaca ditempat tujuan.

Tuk cetak bukti transaksi:
Jatuh tempo boleh diisikan dan boleh tidak, dan jumlah bayar akan memberikan gambaran akan jumlah cicilan yang telah dilunasi. Nilai total akan muncul bila aplikasi telah memeriksa data dan sesuai, maka hapus transaksi yang telah lama agar nilai total dapat dilakukan pemeriksaan (utk update sebelum v47).
Selamat mengunduh aplikasi dari Google Playstore dan semoga bisnis kredit anda semakin maju.

Bila ada yg hendak ditanyakan, silahkan komen dibawah ini.

cara pembuatan aplikasi ini :
1. karena saya memiliki pengetahuan programming Visual Basic, maka logika yg sama dapat saya terapkan dengan aplikasi android.
2. bahan dasar dari aplikasi ini adalah quickstart-android-master dari contoh Google Firebase dengan spesifik Firestore yaitu aplikasi mengenai restoran menggunakan Firestore untuk penyimpanan data dan Storage untuk penyimpanan gambar/foto. Nama aplikasinya adalah Friendlyeats dari google example di Firestore development.
3. juga belajar dari internet stackoverflow.com dan juga google documentation.
4. ada beberapa teknik yg saya pelajari, spt teknik bash update, yaitu update dengan posisi offline/online. Jadi bila internet tidak terhubung, maka update data ditunda otomatis sampai koneksi internet terhubung. Sedangkan data di hape dah berubah, untuk transaksi. Karena tidak mungkin menunda transaksi saat internet tiba tiba mati, inilah yang disebut server asinkron.
5. Selain penyimpanan data transaksi, juga google menyediakan penyimpanan multimedia. Jadi disimpan di satu tempat tapi terpisah. Data disimpan di Firestore dan foto disimpan di Fire Storage. Untuk backup cetak data maka gunakan Google Drive anda.
6. Data tersimpan dgn paket Spark yg gratis, maksimal 5Gb, dan dengan teknik penghapusan maka saat ini (akhir 2020) tidak lebih dari 250Mb termasuk foto. Jadi masih cukup ruang penyimpanan gratis dari google.


Komentar

Anonim mengatakan…
Data saya suda sangat banyak di aplikasi catatan kredit.. Namun tiba tiba keluar dan gagal sig in.. Sangat gelisah bagaimana cara sya untuk sig in lagi karna data sya sudah terlanjur banyak..
Edx mengatakan…
Masalah saya sama tiba2 keluar lalu gagal sign kembali padahal data pelanggan didalam sdh ada
Budi Laksamana mengatakan…
sudah di update ke V37.0
semua permasalahan sudah saya perbaiki, semoga bermanfaat.
terimakasih