Blackcore

Blackcore
Blackcore adalah area hitam ditengah potongan keramik.
Blackcore didapat dari clay yang memiliki kandungan organic tinggi, high carbon dan semacamnya.
Blackcore terdapat pada clay yang bercirikan guratan merah atau pink. Sementara clay plastis yang baik memiliki guratan orange.
Blackcore akan hilang dari dalam keramik pada suhu 700°-1000° derajat Celcius. Dengan membuat rentang temperature ini pada jangka yang lama akan dapat mengeluarkan semua carbon.
Sayangnya, kecepatan kiln saat ini sangat tinggi. Sehingga pemilihan clay plastis yang baik dalam formula sangat menentukan.
Blackcore yang hanya sampai permukaan glaze, akan merubah warna glaze tersebut. Demikian pula pada produk lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan agar carbon dapat dibuang keluar semuanya dari dalam dan permukaan keramik pada saat proses pembakaran kiln.
Bila dryer input kiln berfungsi sempurna, maka temperature pada input kiln bisa dinaikkan sehingga didapat proses suhu 700°-1000° derajat Celcius yang lebih panjang.
Ada kemungkinan terjadi proses reduksi dalam firing, yang bila dipikirkan hanya terjadi pada laboratorium kiln. Karena pada kiln produksi, tekanan pada dinding dijaga maksimal +0.4mBar. Jadi dipastikan terjadi proses oksidasi.
Jadi:
Pastikan clay tidak banyak mengandung blackcore, tidak memiliki guratan merah/pink.
Pastikan tekanan udara pada firing zone dijaga maksimal +0.4mBar.
Pastikan suhu 700°-1000° derajat Celcius memiliki rentang yang cukup panjang.


Komentar