Sodium Tripolyphosphate

1. Umum digunakan STPP sebagai deflocculant pada industri keramik. Baik untuk body preparation maupun glaze preparation
2. Kemampuan deflocculant dan lebar kadar pemakaian yang menyebabkan lebih disukai. Kemungkinan under atau over deflocculant lebih kecil, tentunya setelah melakukan test
3. STPP biasanya dalam bentuk bubuk/powder, dan akan lebih baik cara kerjanya bila diencerkan terlebih dahulu. Dalam keadaan cair, akan lebih efektif. Bila tidak memungkinkan untuk pengenceran, dapat juga dengan mengisi deflocculant terlebih dahulu dan secukupnya grinding water, 20%-30% dari total air yg diperlukan satu batch.

4. Sodium silicate digunakan untuk menggantikan sebagian besar kebutuhan STPP, karena harga yang lebih murah. Dari berbagai pabrik yang pernah saya tangani, umumnya Sodium Silicate diperlukan sebanyak 0.5% dan dengan tambahan STPP sebesar 0.05%-0.09% Nilai ini bisa didapatkan dengan metode mixing system, yg biasa digunakan pada continous mill. Akan saya bahas mengenai cara mendapatkan ratio deflocculant yang terbaik.
5. Ada beberapa pabrik yang menggunakan Soda Ash dengan Sodium Silicate, dengan berpikir bahwa harga soda ash adalah sepertiga STPP. Tapi ada beberapa keunggulan STPP dibandingkan soda ash. Dari segi pemakaian, diperlukan komposisi 0.5% Sodium Silicate dan 0.11% Soda Ash. Bila thyxotropy tidak menjadi halangan, maka Soda Ash menjadi ekonomis. Bila banyak menggunakan pipa jauh tuk pengiriman slip ke homegenize tank dan ke spray dryer maka STPP adalah solusi yang tepat. Karena slip tidak cepat membeku seperti bila menggunakan Soda Ash
6. Kontrol incoming material STPP diperlukan, demikian juga Soda Ash. Besaran nilai P2O5 dan Na2O akan menentukan efektifitas deflocculant.

7. Ukuran powder STPP perlu untuk kontrol incoming material, semakin kecil jumlah 50 mikron keatas akan semakin mudah diencerkan.

8. Dan akhirnya untuk kontrol incoming material dapat menggunakan mixing system dengan drop test (titrasi), yang akan saya bahas khusus di post akan datang.
Data diatas didapatkan dari
1. Quality control of triployphosphates used in producing engobes and glazes
by E. Bou, M. J. Orts, E. Sanches, F. Viciano Instituto de Tecnologia Ceramica, Spain
2. Pengalaman pribadi

Tulisan saya ttg Water glass dibawah ini

Komentar