Why Do We Press

 Mau cerita bagaimana dan apa itu press pada pabrik keramik.

Saya dapatkan materi bagus dari boss, dia dah merangkum dalam beberapa lembar paper.

Dari sini saya mengenal press dan bagaimana sebab akibatnya.

Bagaimana memainkan drawer, apa guna liner, bahan liner titanium dengan besi biasa, rubber polyurethane, membuat gambar die untuk pojok/bumper/motif dll.

Juga saya diajarkan oleh boss, mengenai ejection sandwitch. Agar tidak terjadi crack pada green tile. Juga tentang first drop dan second drop.

Ada suatu pabrik menggunakan 3 pressure, first pressure 10Bar,  second pressure 80Bar(lupa lagi) dan final pressure 240Bar. Lalu kenapa begini, kan jadi lambat kerja press. Toh first pressure itu sama dengan berat silinder bila kita turunkan. Jadi saya ubah, dengan melakukan breaking pada saat first pressure dengan sedikit powder berhamburan. Langsung dilakukan pressure 80Bar dan dilanjutkan 240Bar. Jadi hanya 2 pressure dan satu deaeretion. Strokes press per minute bisa jauh naik.

Pernah boss membuat formula, diperkirakan akan laminasi. Jadi saya diperintahkan untuk menaikkan waktu deaeration. Langsung joss dan formula powder berjalan sempurna. Boss saya mengenal formula dan bisa memprediksi kejadian pada SD, Press dan Kiln. Juga saya diminta untuk membuat Naber Electric Kiln tuk sesuai kurva Kiln. Jadi saya plotkan timing dan temperature Kiln ke Naber Kiln. Saat dah selesai experimen di Naber, maka diterapkan ke Kiln bisa langsung joss.

dibawah ini lembaran yang boss berikan pada saya

Why do we Press


Komentar