Arduino SDCard MBR not valid, assuming Super Floppy format.

 kisahnya dimulai saat dapat tugas membuat scada kecil kecilan, yaitu mendapatkan data meter gas dan listrik dan menyimpannya tuk diolah setiap awal bulan pemakaian energy.

Jadi dibuatlah counter tuk gas meter per m3 rotation, dan modbus rs485 ke meteran listrik digital. Menggunakan esp32 dan wemos D1 mini.

Saat menggunakan server sql, terjadi problem tidak disediakan spesifik PC tuk SQL. Jadi saya buatlah menggunakan esp32 dengan SDCard module. Awalnya berjalan lancar, tapi kemudian saya lihat data lama perlahan bertahap hilang. Kemungkinan karena adanya file lain. Atau ada ketidakberesan di sdcard.

Lalu saya buat baru menggunakan wemos D1 mini, tapi saat install dan dijalankan menemui masalah baru. Yang mungkin saat pakai esp32 tidak saya perhatikan debug error nya.

Masalah baru adalah ini:

MBR not valid, assuming Super Floppy format.

Berkutat, format, sampai pakai MiniTool Partition masih belum berhasil.

Dua hari dua malam tak kunjung ketemu solusinya, googling sana sini.

Pada akhirnya ketemu satu jawaban yang menyarankan menggunakan SDCard Formatter.

Download dan install, lalu coba format dan......

Yeyyyyyy.......voila.................berhasil berhasil berhasil

SDcard lancar jaya, dan siap tuk di install program webserver dengan sdcard

Nanti saya tuliskan program nya di lain post

Komentar