ERH Lit omron ETN21

 Sebetulnya sudah beberapa bulan, ERH di ETN21 omron saya menyala.

Bulan lalu, salah satu ETN21 di mesin gak konek ke Weintek HMI, jadi kelabakan. Lalu saya ganti ETN baru, masih ga konek. Lalu clear memory, isi ulang lagi semuanya......Lah ERH mati dan koneksi ethernet jalan sempurna, dengan 3 unit Weintek di ujung ujung mesin.

Padahal ber bulan bulan, saya coba cari masalah ERH solusinya. Enggak nemu yang berhasil baik.

Tadi pagi, kena lagi di mesin lainnya yang masih ERH menyala merah. Dan sebetulnya saya tidak ingat apapun solusi di mesin sebelumnya tuk ERH merah dan koneksi ethernet gagal.

Hampir 4 jam pertama, coba clear memory dan isi ulang. Horee sukses, ERH mati dan koneksi ke 4 Weintek dan satu PLC Lainnya berhasil. Saya check, tcp terkoneksi sebanyak 5. Selama clear memory dan isi ulang transfer all saya gunakan kabel toolbus omron. Kemudian saya coba koneksi laptop dengan ethernet spt biasa saya lakukan, eh ga mau konek. 

Nambah waktu lagi setelah makan siang, periksa semuanya lagi. Kesel kesel, saya lakukan clear memory dua kali berurutan, matikan hidupkan, kemudian isi ulang. Voila......laptop bisa koneksi ke PLC dan nampak di softSW pada ETN21 windows di I/O bagian TCP tertera ada 6  koneksi.

Akhirnya ERH merah dan koneksi kaga lancar, bisa normal kembali.

Googling lama ber bulan bulan, ga dapat solusi. Anehnya saya lakukan clear memory setelah konek menggunakan kabel data omron ke CJ1M saya, maka tulisan clear memory dibawah tab PLC hidup (alias ga grey), dan bisa dilakukan clear memory semuanya. Tentu saja DM dll hilang tidak berbekas.

Dicatat di blog biar enggak lupa




Komentar