Homogenization Tank / Stirrer Tank

Gunanya adalah tuk penyimpanan sementara dari hasil ballmill utk tujuan di spray dryer.
Selain itu berguna untuk mencampurkan hasil beberapa ballmill agar didapatkan slip yg lebih merata. Semakin banyak jumlah ballmill dalam satu tank akan menyebabkan semakin merata nya hasil.
Homegenization Tank / Stirrer Tank biasanya terletak di bawah level bangunan, dan memiliki satu atau lebih stirrer.
Saya hendak membahas tentang lamanya pencampuran beberapa ballmill menjadi homogen atau tercampur rata.
Banyak yang menyebutkan bahwa 24 jam adalah waktu yg dibutuhkan untuk tercampur rata slip tersebut, dan bagaimana membuktikan sudah tercampur rata ? Tidak ada yg bisa menjawab.
Saya mempunyai teori lain, karena ada suatu kejadian dimana petugas laboratorium mengambil sample sesaat setelah ballmill terakhir turun ke stirrer tank tersebut ( stirrer sudah penuh ). Dan kemudian melakukan penyesuaian karena didapati bahwa viscosity jatuh dengan menambahkan garam. Selang 2 jam kemudian, dilakukan pengecekan kembali dan ternyata viscosity terlalu tinggi, sehingga dilakukan penyesuaian kembali dengan menambahkan STPP. Dan begitu seterusnya, yang terkadang terpaksa menambah hasil satu ballmill lagi utk penyesuaian. Waduh kok begini.

Saat itu, saya mulai menjabat departemen tersebut, menghentikan aktivitas penyesuaian stirrer tank.
Kemudian saya perintahkan tuk melakukan pengukuran viscosity setiap 15 menit sekali (setelah selesai muat turun hasil ballmill terakhir) sampai yang saya tentukan kemudian. Dari hasil pengukuran selama 4 jam atau 32 titik viscosity, didapatlah grafik dengan x dalam menit dan y dalam viscosity.
Pada menit ke 120 hingga 240, grafik menunjukkan nilai yang rata. Yaitu nilai viscosity yang secara rata rata ditunjukkan oleh hasil ballmill ballmill pada tank tersebut.

Kesimpulan pengukuran ini adalah, setelah 120 menit, viscosity akan kembali normal tanpa perlu penyesuaian dengan garam atau STPP.

Kemudian saya mendapatkan kesimpulan sampingan, bahwa telah terjadi pencampuran merata pada stirrer tank tersebut mulai saat menit ke 120.

Sejak saat itu, saya tentukan bahwa homogenization sudah siap pada 4 jam sejak ballmill terakhir muat turun.
Kemudian saya baca dari buku Sacmi Vol 1, edisi 2005 hal 210 Applied Ceramic Technology bahwa aging time antara 6-8 jam.
Tentunya sebagai seorang yg mementingkan produktivitas, maka saya lebih mendasarkan pada testing pada pabrik kita sendiri yaitu 2-3 jam untuk aging pada stirrer tank.
Sedangkan tuk service tank tidak lagi diperlukan aging.

Bagaimana dengan Silo powder, berapa kah waktu yg tepat tuk aging powder dalam silo ?

Komentar