Relay Modutrol Gas

mau nulis tentang relay modutrol gas di dryer.

kontrol temperatur biasanya melalui temperature controller, dan juga kadang dilalukan ke PLC, dan karena relay kecil sedangkan modutrol membutuhkan arus yang besar tuk pergerakannya, maka dilanjutkan ke relay besar.

nah relay besar ini, akan on/off setiap menit bahkan dalam hitungan detik, agar temperatur burner sesuai dengan setelannya.

bila contact point pada relay ini rusak, maka modutrol tidak akan bergerak sesuai permintaan, akibatnya temperatur burner tidak terkontrol, nah mengakibatkan hasil tiles basah atau burner menyala dengan gas maksimum. Hal ini sangat merugikan, apalagi terlewatkan pengamatan operator. Sekian puluh meter keramik rusak, atau kerugian gas atau rusak nya burner.

setelah melihat kejadian ini, secara rutin sebulan sekali,dilakukan penggantian relay up dan relay down. harga relay murah dibandingkan kerugian bila terlewatkan. 
relay bekas akan nampak hitam pada contact point, dan akan sangat hitam bila terlambat dan contact point akan rusak sehingga modutrol tidak bekerja sesuai harapan

kejadian ini bisa juga untuk hal hal lainnya, dan oleh karena itu, preventive maintenance harus melihat relay relay yg hitam pada contact point dan mengganti dengan yang baru.

semoga bermanfaat.

Komentar