Running as a service

akhirnya saya berhasil melakukan running as a service utk Crystal Delivery dari Groff Automation.

percobaan pertama :
menggunakan instsrv.exe dan srvany.exe dari windows resource kits bawaan microsoft cd.
sudah mengikuti semua instruksi nya persis....ko gagal terus.
saya setel Crystal Delivery utk repeat setiap 5 menit export pdf, tidak berjalan.

percobaan kedua :
menggunakan ServiceEx juga sama gagal seperti diatas.
keuntungan dari ServiceEx adalah, hanya perlu 2 file aja yaitu ServiceEx.exe dan ini file saja.
dapat digunakan disemua WindowsNT keatas.

percobaan ketiga :
menggunakan FireDaemon Pro (hanya dapat digunakan WindowsXP keatas (windowsNT dan windows2000 tidak bisa), semua sudah disetel. Menggunakan Local System Account (alias dikosongkan kotak login), kemudian di buang centang Desktop. Yang lainnya tak dirubah ataupun ditambah.
gagal juga.

Mode mikir berat, dimulai........................................
Tanpa sengaja terlihat Valid Time Export pada Crystal Delivery.
Setelan awal cuma 5 menit aja, dari jam 12.00 s/d jam 12.05
Otak saya berpikir keras, dan mencoba merubahnya, menjadi jam 12.00 s/d jam 19.00

.......
Oh ya, jangan lupa bila melakukan setelan harian pada repeat schedule nya maka last export time nya di ubah dimundurkan, sehingga Crystal Delivery akan dapat menghitung telah lebih 24 jam. Berlaku juga untuk cara berpikir yang lainnya, weekly, monthly.
........

ehh.......Jalan FireDaemon Pro saya, mengirim email dari Windows 2003 Server ke email account company saya.

kembali otak bekerja, lalu terpikir oleh saya, pasti bisa dilakukan oleh ServiceEx juga (freeware).
dan ternyata benar........
ini setelan CrystalDelivery.ini saya (copy dari ServiceEx.ini.sample dan ubah yang diperlukan serta save as sebagai CrystalDelivery.ini dengan menggunakan notepad) :

[ServiceEx]
ServiceExeFullPath = "C:\Program Files\Groff Automation\Crystal Delivery\Crystal Delivery.exe"
options =
desktop = false
Start=Auto
StartNow=true


trus dari command prompt :
ke direktori dari lokasi ServiceEx extract nya :

drive:\ServiceEx\ServiceEx Install CrystalDelivery

lalu akan terbentuk service CrystalDelivery di Control Panel > Administrative Tools > Services

trus saya ke Administrative Tools >>>> Service >>>> dan aku start CrystalDelivery service

oke,
selamat mencoba

(di coba ulang, dengan setelan sama spt ServiceEx atau FireDaemon, berhasil baik)
path:\instsrv.exe myprogrampath path:\srvany.exe
buang centang (uncheck) Allow service to interact with Desktop pada services window dari administrative tools.
detil di http://support.microsoft.com/kb/137890

bye,
budilaks

Komentar