Capacitor Bank

Capacitor Bank berguna untuk menurunkan cos phi agar kembali ke batas yang di perbolehkan. Biasanya 0.8
Kalau lebih rendah dari 0.8 maka kita akan mendapatkan biaya tambahan pemakaian listrik. Biasa disebut VARh atau KVARh atau biaya daya reaktif.
Sehubungan dengan pabrik keramik yg banyak menggunakan  motor dengan start stop, maka akan timbul pemakaian daya reaktif.

Capacitor Bank, akan menetralisir pemakaian daya reaktif kembali ke 0.8, Biasanya saya setel pada kedudukan 0.82 saja.
Capacitor Bank akan wear and tear, atau akan habis kapasitas nya sesuai dengan pemakaian. Cara termudah adalah dengan mengukur arus di masing masing fasa capacitor.
Capacitor baru tentunya ampere akan tertinggi, capacitor mulai rusak akan berkurang. Beda ukuran capacitor tentunya akan berbeda ampere nya.

Banyak cara menghitung, tapi daripada pusing, ukur aja capacitor yg baru. Nah ini jadi patokan tuk kapasitor yg lainnya, tentunya dengan kapasitas yang sama

Ukurnya di kabel di contactor ya, hati hati dalam menggunakan tang ampere. Jangan sampai menyentuh yg tidak di ingin kan, gunakan safety.

semoga bermanfaat

fyi, di malaysia ada diterapkan biaya tambahan untuk maximum demand, yaitu batas atas penggunaan listrik pada satu periode waktu. Yaitu pada dasarnya tidak menghendaki lonjakan besar pemakaian, misalkan sekaligus start 8 unit ballmill, kalau sudah start bukan masuk dalam maximum demand.

Komentar